Cara Cepa Edit Keaktifan PTK Dapodik

Salah satu pekerjaan Operator Dapodik yang cukup menyita waktu adalah mengupdate data keaktifan PTK yang harus diperbarui setiap bulan. Jika pada satu sekolah hanya memiliki sedikit PTK yang bertugas disana, mungkin tidak terlalu terasa capeknya. Namun jika sudah mencapai puluhan hingga ratusan PTK akan sedikit melelahkan bukan?. Itu baru satu item Penugasan dan keaktifan PTK saja, belum yang lainnya, hmm cukup membuat kepala Operator Dapodik menguap.

Okedeh, langsung ke pokok artikel, disini saya coba memberikan satu cara untuk mengedit penugasan dan keaktifan PTK secara cepat menggunakan aplikasi bantu bernama Navicat. Cekibrot!

Langkah-langkah mengedit keaktifan PTK pada Dapodikdas

Setelah aplikasi NAVICAT terinstal dan terkoneksi dengan database PostgresSQL milik Dapodikdas, saatnya kita mencoba mengupdate Penugasan PTK. Oiya, langkah-langkah menginstal Navicat dan cara mengkoneksikan ke Database DAPODIK silahkan baca kembali artikel Cara meginstall Navicat dan Koneksi Database PostGreSQL pada Dapodikdas.

1. Buka aplikasi Navicat. Klik 2x pada nama koneksi yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian klik database Pendataan, anda akan dibawa folder Public, kemudian ketika anda Klik Public muncullah tabel-tabel dari dari database Pendataan yang bisa kita pilih.
 2. Untuk mengupdate data penugasan PTK, kita klik tabel ptk_terdaftar.
3. Setelah tabel ptk_terdaftar terbuka, kita tinggal memasukan data 1 pada kolom aktif_bulan_05 (Mei). Bisa diisi satu persatu, atau copypaste kebawah.
 

4. Jangan lupa untuk selalu crosscek hasilnya melalui aplikasi Dapodikdas yang sebenarnya. 

Setelah selesai, anda cukup menutup aplikasi Navicat seperti biasa
Nah sekarang, keaktifan PTK telah terupdate.Semoga hari ini menyenangkan bagi anda.

No comments:

Post a Comment